Cara Kerja Web

Bagaimana cara kerja web??
Waw….suatu pertanyaan yang jarang sekali di lontarkan oleh seorang  pengguna internet/user.
mengapa demikian?? ini jawabanya..
Dizaman era yang semakin maju dan sangat  berkembang semakin mudah para  pengguna internet/user menggunakan internet dengan semakin  canggihnya akses internet dimana saja membuat para pengguna internet/user tidak mempertanyakan lagi apa sih web itu dan bagaimana cara kerja web itu sendiri. Pengguna internet/user lebih asik menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, yahoo, skype dan media sosial lainnya.
Para pengguna internet/user mencurahkan segala isi hati mereka di media sosial tersebut.dan membuat mereka betah berjam jam mengakses internet dengan berinteraksi dengan lawan jenis. Dan mereka tidak lagi mempertanyakan bagaimana cara kerja web itu sendiri dan mereka mungkin belum mengerti batapa penting aturan2 di  dalam proses kerja web.
Disini saya akan menjelaskan Bagaimana sih cara kerja  ‘Web’ ?? dan apa saja aturan aturan penting dalam proses kerja ‘web’.  Sebelum kita membahas cara kerja web disini saya akan menjelaskan kembali seperti pada postingan sebelumnya  apa sih web itu ??
Web adalah World Wide Web (www) .yang  merupakan frame work arsitektur untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan , yang tersebar  di ribuan mesin di Internet.
Pada dasarnya Web merupakan sebuah sisitem Client-Server.web sebuah penyebaran informasi melalui internet antara www (world wide web) dan web sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet
Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara dan animasi. Sebenarnya web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
Pertama, saya akan memberitahukan  4 unsur penting dalam proses kerja web, yaitu :
1.User                                                                                                                                                                             Pengguna/user adalah orang yang melakukan permintaan/request sebuah alamat sebuah situs.
2.Client Server                                                                                                                                                                     Client server merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai sebuah mesin pencari (browser) dimana sebuah situs atau informasi berada disana.
3.TCP/IP
IP adalah kode atau sebuah alamat yang dapat membantu agar sebuah permintaan akan mendapatkan jawaban yang sesuai
4.Server
Server (otak) adalah pusat dari semuanya, disinilah pusat dari semuanya, tempat penyimpanan server lah data dan disini data diolah dan dikirim kembali sesuai permintaan atau request.
Cara kerja Web Server :
1. Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
2. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yang digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yang terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yang di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yang meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yang ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yang dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering kita lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.
Gambar Cara Keja Web 

Dilihat dari gambar dapat saya jelaskan :
- Misalkan saya adalah seorang USER dan ingin membuka sebuah situs ,dalam hal ini misalnya metroNews.com
dari sebuah komputer yang berda di sebuah warnet, URL atau REQUEST yang saya ketik melalui aplikasi browser yang kali ini dipakai adalah Mozilla firefox 3.0, maka URL/alamat yang saya tadi ingin masukkakn di klik di kolom (www) atau world wide web yang merupakan sebuah arsitektur kerja untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan.
Setelah URL atau nama situs itu dimasukkan di mesin pencari (mozilla) maka akan secara otomatis “jika komputer terkoneksi” DATA/URL akan terkirim dan akan memasuki wlayah kerja TCP/IP disini data akan diperiksa sesuai alamat dan permintaan nya. Dan server akan mengambil header/judul sebagai patokan pencarian sehingga jelas dan tidak rumit setelah itu body akan di sesuaikan dan server akan memberikan data yang minta melalui alamat ip asal request tersebut jika data ada dan tidak valid ke client server sebelum akhirnya kembali lagi ke user. (end)
Itu tadi sedikit informasi tentang Cara Kerja Web, semoga bermanfaat bagi anda semua. 
Sumber : hanyhafsyah
Thanks  and  regards
            r  i  C  k  y _

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. thanks untuk artikelnya menambah ilmu baru buat saya
    kunjungi website saya: http://elsasutina.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang mengarah ke tindakan spam
akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.