Pengertian Web dan Sejarahnya

# Pengertian Web

Internet merupakan jaringan komputer yg saling terhubung. Tidak ada perusahaan yg tidak mempunyai internet, yang merupakan upaya kerjasama diatur oleh sistem standar & aturan. Maksud dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, merupakan untuk berbagi informasi. Ada banyak sekali cara informasi bisa dikirimkan antar komputer, termasuk juga email, transfer file (File Transfer Prottocol), & banyak juga pelayanan yg secara khusus dibangun dalam pelayanan Internet. Metode ini standar utk mentransfer data atau dokumen lewat jaringan dikenal sebagai protokol.

World Wide Web, yang lebih populer disingkat dengan WWW merupakan satu buah ruang informasi yang digunakan oleh pengenal global yang dinamakan dengan URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW tidak jarang dianggap sama dengan Internet dengan cara total, meski sebenarnya WWW sendiri hanyalah bagian dari pada Internet. WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia yang memiliki kegunaan untuk menyediakan data & info untuk bisa digunakan bersama. WWW ialah sektor yang paling menarik dari Internet. Lewat web, para customer bisa terhubung informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks namun mampu pula berupa gambar, nada, video & animasi.

Kegunaan ini tergolong masih baru di bandingkan surat elektronik atau email, sebenarnya WWW ialah kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, & yang peladennya menyebar di lima benua termasuk juga Indonesia yang mengakses menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen info ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).


Satu Buah halaman dokumen informasi bisa terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman melalui teks ini dinamakan pranala. Dokumen infomasi ini selain terdiri dari teks tapi bisa juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yg seperti itu biasa dinamakan hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW yaitu sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hyperlink), sehingga para pengguna dapat berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

# Sejarah Web

WWW merupakan sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada thn 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, ia mengembangkan satu buah system untuk kepentingan pribadi. System itu yaitu program peranti lunak yg diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee sukses membuat jaringan yang menautkan berbagai arsip maka memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang nanti jadi dasar dari suatu perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee menciptakan pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, selanjutnya pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi dipakai secara luas pada jaringan Internet.

Sumber : pintarkomputer

Thanks  and  regards
            r  i  C  k  y _

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang mengarah ke tindakan spam
akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.