Pengertian Komputer

Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang segala kegiatan seperti belajar mengajar , bisnis dll. Dengan menggunakan komputer seseorang dapat memudahkannya dalam pekerjaan. Dan manfaat dari komputer lainnya adalah :
      
      1.      Efisien waktu
      2.      Menghemat biaya
      3.      Menghemat tenaga
      4.      Kecermatan dalam menghitung

      Semua orang mungkin tau apa itu komputer namun tidak semua orang tau sejarah perkembangan awal dari komputer dan apakah pengertian/defenisi dari komputer serta bagaimana perkembangan teknologi khususnya komputer dari pertama ditemukan sampai sekarang.
     Untuk itu melalui blog ini sedikit akan saya share yang pertama adalah Pengertian Komputer.

# Pengertian/Defenisi Komputer
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Komputer berasal dari kata computere artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umum digunakan untuk proses perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Komputer terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah :

Hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut perangkat keras yaitu berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, yang artinya peralatan ini dapat disentuh dan terlihat fisiknya. peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1. Perangkat Masukan (Input Device)                             
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. Perangkat Keluaran (Output Device)             
Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, speaker, dan printer. 
     3. Perangkat Pengolah Data (Processor)               
     Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

    Sekian yah postingan dari saya, semoga bermanfaat  dan baca juga Artikel terkait dari saya tentang "Sejarah Perkembangan Komputer"
  
    thanks and regards
        r  i  C  k  y_ 


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang mengarah ke tindakan spam
akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.